Skip to main content

Mother of DOTA

Sekitar 2 tahun yang lalu, sebuah permainan game komputer mewabah keras didalam kelas kami, permainan ini sebenarnya sudah cukup tua tapi karena dasarnya memang beberapa tinggal didaerah pedalam jadi barulah kami mengenal game ini. dalam postingan kali ini akan saya jelaskan apa dota itu.

Sumber : Google Images

Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya, StarCraft. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas (yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang membeku) di pojok kanan atas.


Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI (artificial inteligence). Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan. semakin bagus perlengkapan yang dipakai maka semakin hebat juga hero yang digunakan.

Game ini sangat berorientasi pada kerjasama kelompok. Meskipun demikian, ada beberapa hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan dengan sendirian.perbedaan popularitas blizzard saja mengaku kalo popularitas dotA yang melebihi permainan warcraft mereka sendiri, sehingga telah memasuk hall of fame battlenet blizzard. dotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen dunia.

Setiap hero mempunyai role masing-masing, ada yang berperan sebagai killer, gangker, support, offlaner dan banyak yang lainnya. killer atau carry harus farming (mencari uang) dengan baik diawal game dan membeli itemnya secepat mungkin jika tidak pada late game (akhir game / penentuan) killernya cuma akan jadi ATM (istilah untuk tempat hero musuh mendapat uang dengan mudah). uang didapat dengan membunuh apapun selain unit kita sendiri, jadi itu termasuk creep, hero musuh dan ancient. role-role yang lain akan bertindak sesuai perannya masing-masing jadi jangan terlalu takut bermain karena ini bukanlah game individu tapi permainan kelompok. 



Trailer official DOTA 2

Dota 2 adalah versi kedua dari Warcraft III dimana fitur dan animasi yang lebih halus dari tampilan Warcraft III. Dota 2 ini diciptakan untuk para gamers yang sudah merasa bosan akan fitur yang dimiliki oleh Defense of the Ancient versi sebelumnya. pada masa awal perilisannya, diluncurkan versi beta dengan update hero yang terus dimunculkan satu persatu dibutuhkan para gamers untuk menilai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Dota 2. Menurut penilaian Agen Bola, fitur yang saat ini dimiliki Dota 2 sudah bisa memancing para gamers untuk memainkan game yang sangat fenomenal ini.

Selain itu, Dota 2 saat ini sudah bisa dimainkan lewat download yang telah disajikan oleh pihak Steam dengan kapasitas kurang lebih 8GB. Desain dan fitur yang sangat halus membuat daya tarik tersendiri bagi para gamers di dunia.

hal yang menarik dari dotA 2 keluaran steam ini adalah gambar hero dan kemampuannya yang sudah memiliki visual efek tampilan 3D berikut beberapa gambarnya.


Hero/karakter yang bisa dipilih di dota 2


Tampilan karakter dalam gaming

\
Beberapa karakter dengan walpapernya 

Sebagai pemilik dota 2, valve juga menyediakan aksesoris untuk permainan yang kemudian dikenal sebagai "set" maksud set disini adalah perlengkapan untuk membuat tampilan hero kita berbeda dengan hero yang lain, meskipun semua hero mempunyai tampilan default masing-masing, contoh set adalah seperti ini.






karena dibuat oleh vendor dengan persediaan terbatas maka set seperti ini harus dibeli, cara pembelian didalam game ini dihitung dalam satuan kunci. dan harga satu kunci berkisar 2$ atau sekitaran Rp.22.000, jadi jangan heran jika banyak diantara mereka yang bermain game ini juga bertransaksi bisnis dengan set.

Ada banyak sekali hal yang menarik dari game ini misalnya hero yang semuanya mempunyai kemampuan seimbang, tidak ada hero yang teralu hebat maupun tidak ada hero yang terlalu lemah, semuanya bisa menjadi pembunuh tergantung bagaimana anda memperlakukannya di awal game berlansung. 

oh iya, untuk kompetisi sendiri telah sangat banyak kompetisi yang disediakan dari beberapa negara dan turnamen terbesarnya dilakukan setiap tahun dengan julukan world tournament dan hadiah yang tidak sedikit. untuk tahun 2013 sendiri hadiah yang keluar untuk pemenang game ini adalah 1,4 juta dollar atau setara dengan 14,2 milyar rupiah dan menjadi kompetisi game dengan hadiah terbanyak untuk saat ini.. gilaaa

kalau ada pertanyaan seputar game ini, ditanyakan dong, nanti kita bisa main sama-sama :)

Image Source : Google Images

Comments

Post a Comment