Skip to main content

Suicide Squad : Joker is back

Sumber : The Dark Knight Official
Di tahun 2008, sebuah film superhero besutan Christopher Nolan muncul ke permukaan.  The Dark Knight yang merupakan bagian dari trilogi The Dark Knight (Batman begins, The Dark knight dan The Dark Knight Rises).  Film ini sukses menggebrak bioskop dengan penghasilan sebesar 3,6 Trilyun hanya dalam 18 hari dan merupakan film dengan penghasilan tertinggi dalam DC Comic waktu itu. Sampai sekarang film ini masih berada pada 100 film terbaik sepanjang masa versi IMDB di posisi ke 4.

Sumber : The darkknight
Apa sebenarnya yang spesial dari film ini?. Dalam setiap film bertema superhero,  wajib ada dua sisi berlawanan yang saling berusaha untuk mengalahkan satu sama lain. Dalam film ini,  tokoh jahatnya adalah joker.  Dan dengan penokohan yang sempurna oleh Heath ledger Maka jadilah dia tokoh jahat paling mengerikan yang pernah ada. Heath ledger sendiri mendapatkan tidak kurang dari 32 penghargaan untk satu film ini dan penghargaan sebagai best supporting actor merupakan satu-satunya penghargaan yang akhirnya diberikan  kepad orang yang telah meninggal dunia. Ledger meninggal pada tahun 2008 di apartemennya karena Overdosis Obat yang diberikan dokter. 

Sumber : The Dark Knight
Joker sebenarnya hanyalah sosok orang biasa, dia tidak memiliki kemampuan luar biasa seperti kekuatan super atau sinar laser seperti penjahat-penjahat pada umumnya. Kemampuan yang dia miliki adalah chaos maker atau pembuat kekacauan.  Bukan dengan usaha memperbudak tetapi dengan mengendalikan emosi orang-orang. Julukannya dalam film ada banyak yaitu "Mad Man",  "The Clown"  tapi yang paling dikenal adalah "The Anarchist".

Joker dalam film digambarkan sebagai seorang badut dengan make up yang berantakan dan bibir merah yang sangat panjang.  Badut di simbolkan sebagai orang yang akan membuat orang lain gembira dan tertawa.  Walaupun begitu sepanjang film tindakan-tindakan lucu yang dilakukannya tidak akan membuat senyum simpul sekalipun karena tindakan sadisnya.  Hal-hal yang dilakukannya dapat membuat penonton menarik nafas panjang hanya untuk membayangkan rencana selanjutnya dan semuanya terbayar tuntas dengan ending yang sangat diluar dari ekspektasi.

Sumber : Google 
Kartu tertinggi dalam sebuah permainan remi adalah kartu joker dan begitu pulalah dalam film ini sosok jokerlah yang mengendalikan kota. Membuat sebuah keanarkisan dan mengontrol perilaku masyarakat juga menanamkan rasa takut di para penduduk. Lihat saja bagian dimana dia meledakkan rumah sakit atau eksperimen sosialnya memasang bom di dalam kapal air. Teror yang akan membuat siapa saja takut kepadanya bahkan sang pahlawan sendiri, Batman.

Pernah membayangkan bagaimana sebuah film superhero yang dimenangkan oleh penjahatnya ?. itulah yang terjadi di film ini. Dibagian akhir ketika joker akhirnya dikalahkan lewat adegan pukul-memukul bersama sang pahlawan, sebuah ucapannya yang akan tidak bisa dilupakan “Apakah kau berpikir bahwa aku akan mempertaruhkan segalanya dengan bertarung tangan kosong denganmu ?”. Ucapan itulah yang akhirnya menyadarkan Batman bahwa sebenarnya dialah yang telah dikalahkan. Batman akhirnya harus rela dibenci oleh semua penduduk kota serta kepahlawannya tidak dibutuhkan lagi. lebih buruk lagi, Batman menjadi sosok buruan polisi atas tuduan pembunuhan pahlawan kota.

Film selesai dan pemerannya telah meninggal, semua orang menantikan Sosok penjahat jenius sepertinya lagi. Sosok Professor Moriarti dalam film Sherlock holmes juga bisa dikatakan adalah penjahat super jenius yang bahkan dapat bermain catur tanpa melihat papannya. Tetapi orang-orang tidak cukup hanya dengan tokoh yang jenius saja tetapi juga karakter yang dapat terus terkenang bahkan setelah bertahun-tahun film tidak lagi diputar di bioskop. dan beberapa orang percaya bahwa jokerlah satu-satunya karakter yang namanya akan abadi itu. 

Sumber : Suicide Squad Official
Mengobati rasa rindu para penggemarnya, DC comic kembali akan menghadirkan sosok joker dalam Film Suicide Squad. Suicide Squad sendiri biasa disebut Task Force X. Tim Suicide Squad ini terdiri dari sekelompok penjahat ceroboh yang dapat dikatakan hanya bisa menghancurkan, oleh karena itu dalam tim mereka harus ada satu sosok pemimpin, dan untuk film Suicide Squad pemimpin mereka adalah Rick Flag. Dalam trailer yang dikeluarkan oleh pihak DC Comic sosok joker ikut diperlihatkan di bagian akhir mengingat joker tidak ada hubungannya didalam cerita komik dengan Tim ini maka khalayak berada pada posisi menerka-nerka cerita apa kiranya yang akan muncul. Tapi tak bisa dipungkiri lagi bahwa karakter Jokerlah yang paling ditunggu-tunggu dari film ini. Suicide Squad akan tayang di bioskop pada 5 Agustus 2016. hey, why So serious ? 



Comments