Skip to main content

Film-Film Pendek Yang Sarat Akan Makna Kehidupan

Sumber : Google
Apakah kamu adalah seorang penggemar film motivasi ?. Kalau iya, berarti kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan judul film seperti “pursuit of happyness”,”Alangkah lucunya negeri ini” , dan “3 idiot”. Film-film tersebut selain berfungsi sebagai media hiburan juga membawa pesan-pesan kehidupan kepada para penontonnya. Dengan mengangkat tema-tema  sederhana, film ini berhasil melakukan kritik sosial mendalam kepada masyarakat. Dan tidak jarang setelah film tersebut muncul juga akan disertai dengan animo masyarakat yang menjadi lebih peka dengan kondisi yang terjadi. Sentilan-sentilan kecil dilakukan pada beberapa aspek kehidupan dengan berbagai cara baik itu secara komedi, action ataupun cinta.

Ada banyak film yang memiliki tujuan seperti ini, sehingga outputnya bukan hanya sebagai produk komersil tapi juga sebagai bahan renungan untuk kehidupan kemanusiaan yang lebih baik. Meskipun begitu banyak film yang sangat diharapkan sebagai film motivasi ternyata tidak mendapatkan respon yang cukup besar di masyarakat dan berakhir hanya sebagai film yang bagus tapi tidak membawa pesan apa-apa.

Di Thailand, beberapa perusahaan menggunakan film sebagai bahan komersilnya. Walaupun hanya film untuk kepentingan niaga ataupun himbauan masyarakat tetapi sangat sarat akan makna. Film ini hanya berdurasi beberapa menit saja, tapi kamu mungkin akan dibuat menangis oleh film-film berikut ini.

1.    There's much more truth that you are blind to
Film ini menceritakan tentang seorang pengemis yang selalu menginap didepan sebuah ruko. Sang pemilik toko akan mengusir sang pengemis tiap kali dia membuka tokonya di pagi hari. Sampai pada suatu hari sang pengemis tidak lagi menginap disitu. Sang pemilik toko melihat rekaman CCTV karena penasaran kemana pengemis itu pergi dan apa yang dia lihat benar-benar diluar dugaan. Film ini mengajarkan kita untuk tidak berpikiran buruk kepada orang lain karena apa yang kita lihat belum tentu menjalaskan apa yang terjadi.


2.    You never forget a Good Teacher
Pendidikan adalah lembaga yang sangat sakral di tiap negara, tidak heran Thailand juga membuat film motivasi untuk orang-orang disana agar menempuh ilmu setinggi mungkin. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang guru untuk mengembalikan semangat seorang siswa yang telah berhenti menggantungkan hidupnya di dunia pendidikan. Ini juga mengajarkan banyak hal kepada kita tentang jasa-jasa seorang guru dan kepedulian yang dapat mendorong kita kepada masa depan yang baik.


3.    In your life, what you desire the most ?
Film ini menceritakan tentang seorang pria yang merasa senang dengan membantu orang lain. Dia kerap melakukan rutinitasnya itu walaupun kerap dicibir oleh beberapa orang. Apa arti kebahagiaan yang sesungguhnya ? Itulah yang ingin disampaikan oleh film ini. Apakah wujud kebahagiaanmu adalah harta atau sesuatu yang lebih tinggi dari itu, renungkanlah semuanya lewat film ini.


4.    Garbage man
Seorang guru sedang menilai gambar-gambar pahlawan kebanggan dari siswa-siswanya, ketika akhirnya dia terhenti pada pekerjaan anak kecil yang menggambar “garbage man” (Manusia Tukang Sampah).  Sang guru mencari anak kecil yang mengerjakan gambar itu dan dia mendapatkan pengalaman hidup yang sangat berharga. Film ini mengajarkan kepada kita tentang siapa pahlawan itu sebenarnya.


5.    My Father is a Liar
Film ini menceritakan kehidupan seorang gadis kecil dan ayahnya. Suatu hari anak ini mendapatkan tugas dari sekolahnya untuk menceritakan tentang ayahnya. dan anak ini mulai menulis tentang hal-hal penuh kebahagiaan yang dilakukannya dengan sang ayah sampai ketika dia mulai menulis segala kebohongan ayahnya. film ini membawa pesan kepada para orang tua tentang semangat perjuangan demi sang anak.


6.    My beautifull woman
Seorang siswi SMA mempunyai anak kecil yang selalu dibawanya kesekolah. hal ini membuatnya dijauhi oleh teman-teman kelasnya sehingga tidak mempunyai seorang temanpun. Meskipun begitu dia tetap tidak peduli dengan keadaan sekitar yang terus melihatnya sebelah mata. Dia tetap merawat anaknya dengan baik. Sampai pada suatu ketika fakta tentang anak itu terbongkar.  Film ini membawa pesan tentang tanggung ajwab orang tua.

7.    Mom’s Diary
Seorang anak laki-laki yang sudah dewasa mengunjungi ibunya ketika akan menikah. Sang ibu kemudian memberikan sebuah diari yang berisi cerita kebersamaan anak tersebut dengan ibunya kepada  calon istri anaknya. Film ini berisi pesan-pesan kehidupan tentang jasa-jasa seorang ibu kepada anaknya

8.    Father Secret
Jika kisah sebelumnya tentang seorang ibu maka kisah ini adalah tentang seorang ayah. Seorang anak merasa tidak pernah dihargai oleh ayahnya karena setiap sesuatu yang dilakukan anak tersebut  selalu di abaikan oleh ayahnya. Anak tersebut kemudian marah karena kurangnya kasih sayang yang diterima dari ayahnya, sampai dia tahu alasan sebenarnya kenapa ayahnya melakukan hal tersebut.  Film ini menunjukkan salah satu cara mendidik anak laki-laki yang baik



Itulah beberapa film inspirational yang dapat membuat kita lebih memaknai kehidupan. Karena kita hidup cuma sekali maka lakukanlah hal-hal yang baik saja J

Comments

Post a Comment