Skip to main content

My Film My Adventure

Sumber : Youtube
Akhir pekan adalah hari yang selalu memberikan kesan tersendiri buat saya. Walaupun belum berkeluarga dan memiliki pekerjaan, saya tetap dapat menikmati akhir minggu dengan menyenangkan. Sekedar bertemu dan bercanda dengan teman lama atau melihat hilir mudik orang dijalan raya kota ternyata membawa ketenangan tersendiri. Ada sensasi yang menyenangkan ketika kita berbincang dengan tema-tema yang tidak menyangkut karir. Dan itu cuma bisa dinikmati diakhir minggu.

Saya sendiri tidak pernah kehabisan cara untuk menikmati malam minggu., bukannya sombong. Acara organisasi yang biasa digelar tiap akhir minggu selalu mampu untuk mengembalikan mood saya akan kejenuhan di dalam dunia perkuliahan. Jika tidak ada acara tersebut. Saya cukup menunggu ajakan untuk pergi ke tempat wisata dari teman-teman sekota, sekampus ataupun teman-teman dunia maya. Jika tidak ada lagi maka selalu ada opsi terakhir, yaitu menonton film ala-ala bioskop di rumah. Walaupun terkesan sangat menyedihkan, tapi menikmati film seperti itu terasa lebih menyenangkan ketimbang di bioskop. Tanpa suara-suara teriakan tidak penting dari orang lain kita dapat fokus merasakan setiap detail penting yang disuguhkan dalam film. Sederhananya, film adalah hal terakhir yang dapat mewarnai hidupmu di akhir pekan ketika semua yang lain sudah tidak dapat diandalkan.  Apalagi jika kamu sudah terbiasa sendiri maka hal seperti ini pasti sudah sangat biasa. *ups*.

Akhirnya waktu itu tiba juga, tidak ada acara organisasi dan tidak ada teman yang bisa mengajak trip ke suatu tempat.  Mau tidak mau saya harus mengisi akhir minggu dengan menonton film. Sebenarnya masih ada opsi lain yang biasa dilakukan oleh orang lain ketika akhir pekan tiba yaitu dengan “tidur”. Saya tidak melakukannya karena selain karena saya sudah tidur berlebihan juga saya telah mengantisipasi masa ini akan datang. saya telah mendownload film dan rasanya sangat rugi jika saya tidak menikmati film yang sudah saya siapkan itu. Sebelumnya, saya menyempatkan untuk mendownload film yang menurut saya cukup bagus dan tidak mengecewakan. Dan sekarang film-film itu sudah siap saya nikmati. Film itu sendiri yakin untuk saya dowload ketika telah melihat beberapa review dan rating yang cukup baik dari internet. Adapun judul-judul film tersebut adalah “gone girls (2014)” , “wild tales(2014)”, “mary and max(2009)”.

Sumber : Google
Maka dimulailah petualangan kesendirian saya dengan film pertama “mary and max”. Ini merupakan film animasi besutan sutradara adam elliot dari studio produksi melodrama pictures. Film ini menceritakan tentang seorang anak kecil lugu bernama Mary Daisy Dinkle yang tinggal di australia. Ibu mary adalah seorang alkoholik yang jarang memperhatikannya sedangkan ayahnya adalah orang yang terlalu sibuk bekerja sebagai seorang buruh karyawan pabrik teh dan juga tidak pernah memiliki waktu untuk mary. Mary yang tidak pernah mendapatkan perhatian dari orang tuanya memiliki banyak sekali pertanyaan tentang dunia tapi tidak memiliki seorang temanpun. Untuk mengatasi kebosanannya, mary secara acak mengambil sebuah alamat surat dari buku telepon internasional. Dan alamat itu adalah tempat tinggal dari seorang atheis amerika keturunan yahudi dan bertempat tinggal di kota new york amerika bernama Max Jerry Horovits.

Sumber : Google
Hal yang menarik dari film ini adalah persahabatan beda usia yang terjadi diantara mereka. Mary berumur 8 tahun sedang max berumur 44 tahun. Perbedaan usia yang sangat jauh tersebut membuat saya terkadang seyum kecil ketika melihat mereka membaca tulisan masing-masing. Tulisan mary yang polos dibaca mentah-mentah oleh max dan tulisan max yang berisi pengalamann pahitnya hidup juga dibaca lucu oleh mary. Meskipun begitu, mereka dapat mengerti perasaan masing-masing. Lewat surat yang dikirim mereka saling belajar tentang dunia yang berbeda. Kadang mereka juga saling memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh teman penanya. Meskipun begitu, kadang mereka juga membatu ketika mendapatkan persoalan tentang masalah yang tidak pernah mereka hadapi dalam kehidupan. Tapi dari kesulitan-kesulitan itulah mereka mengerti makna sesungguhnya dari persahabatan sejati.

Mary and max merupakan film animasi stop motion terbaik yang pernah saya lihat. Alur yang tidak pernah datar dan cerita yang drama melankolis membuat saya menitikkan air mata.  Bagaimana tidak, dua orang yang tidak pernah bertemu ternyata dapat mempengaruhi hidup satu sama lain. Komedi hitam yang keluar di berbagai scene sendiri dapat membuat penonton tertawa. Mengaduk emosi penonton dengan adegan sedih dan lucu merupakanhal yang terasa sepanjang film berlangsung. Meskipun film animasi tapi film ini tidak ditujukan untuk penonton anak-anak karena beberapa adegan sadis yang ada dalam film. Meskipun begitu film ini dapat menyentuh nurani dan emosi siapa saja. Dan satu hal yang perlu kamu ketahui tentang film ini adalah kisah ini merupakan true story. Ps :siapkan tissu
Sumber : Google

Sumber : Google
Setelah air mata cukup mengering, saya menguatkan hati untuk lanjut melihat film kedua “wild tales”. Beda dengan film-film pada umumnya, wild tales mengusung film bertipe antologi. Dalam film ada enam film-film pendek yang berbeda dan tidak terkait satu sama lain. Setiap film walaupun berbeda tetap membawa pesan yang sama yaitu “wild”. Memperlihatkan sisi lain dari kemarahan manusia ketika mereka sudah tidak dapat lagi menahan amarahnya manusia menjadi liar. Tenang saja, tidak ada adegan gore dalam film seperti pada saw atau friday the 13th. Cerita di dalam film disusun secara sangat hati-hati guna tidak melewatkan detail-detail terkecil untuk membangun kemarahan itu. Dengan susunan cerita yang sangat menarik itu, sang producer berhasil membawa emosi penonton sampai pada puncaknya. Saya sebagai penonton merasakan sangat emosi pada beberapa bagian film padahal tidak terlibat dalam film. Balas dendam, sakit hati, juga harga diri. Semuanya ada dalam satu antologi film. Paket lengkap sebuah kemarahan liar.

Sumber : Google
Setelah cukup bersedih dan dibuat marah saya melanjutkan ke film “gone girls”. Film ini bergenre drama misteri dengan unsur thriller. Film ini menceritakan tentang seorang wanita bernama amy yang menghilang tiba-tiba . Suaminya nick dunne sesegera menyadari hilangnya istrinya langsung menghubungi polisi setempat . Dan dimulailah cerita yang sangat-sangat panjang. Penceritaan film yang sangat lambat membuat saya bosan sehingga untuk beberapa saat tidak memperhatikan layar film. Dengan susah payah saya berusaha menerka-nerka apa yang ingin di sampaikan oleh film ini. Dan setelah akhirnya saya mendapatkan hipotesis tentang tujuan film ini, pandangan saya di remukkan seketika, twist yang terjadi di tengah-tengah film membuat saya terbelalak. Semua hipotesis saya runtuh seketika. Ketertarikan saya untuk menyelesaikan film ini sampai selesai langsung naik sampai di puncaknya. Benar saja, unsur thriller film mulai sangat terasa, konflik antar pihak mulai meningkat. Seiring jalan cerita yang mulai menyempit. Saya kembali membangun sampai pada hipotesis tentang ending film yang menurut saya akan terjadi. Sampai pada akhirnya. Twist. Kampret. Jalan cerita film terputar sekali lagi. Kini saya tidak tahu lagi siapa tokoh dalam film yang akan saya jadikan sosok pahlawan dan penderita. Saya menyerah. Saya tidak dapat melihat ending dari film ini sampai film selesai dan semuanya terungkap secara jelas, saya tertegun.

Sumber : Google
Film gone girls adalah film psokologis terbaik yang pernah saya lihat, saya rasa beberapa pembaca yang telah melihat film ini akan ada yang sependapat dengan saya. Meskipun cast yang awalnya sedikit diragukan , nyatanya mereka dapat memerankan karakternya secara maksimal dan yang palin menonjol adalah rosamund pike. Tidak heran jika dia dicanangkan sebagai pemenang oscar sebagai aktris terbaik tahun 2014. Dialah yang membawa film ini ke tahap yang lebih dari biasa. Sosok ceria yang bisa dingin tiba-tiba dengan pikiran yang tidak bisa ditebak dan kata-kata sederhana penusuk hati. Sosok cerdas yang mengubah akhir dari film menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Good job amy.

Ketiga film yang saya lihat pada akhir pekan ini terasa sangat memorable. Tidak sia-sia saya menderita digigit nyamuk di warkop untuk mendownload film ini. Akhir yang sangat fantastis bagi semuanya terutama gone girls yang telah berhasil merusak imajinasi  saya akan cerita mainstream sebuah drama thriller. Good job gone girls. Akhir kata saya terkesan. Film-film ini telah menyelamatkan akhir pekanku dari tertidur dan tidak mendapatkan apa-apa, kini saatnya kembali ke dunia mencekam yang sesungguhnya “Skripsi”.

Comments