Skip to main content

Apa yang berbeda dari Smartfren 4G LTE Advanced #goforit

Sumber : Facebook

Bukan cuma wanita yang bisa bikin baper, hal itu juga berlaku dengan teknologi. Utamanya ketika memilih provider yang digunakan untuk koneksi ke internet. Internet itu sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi tiap hari. Jika dulu kebutuhan sehari-hari itu cuma makan, minum dan tidur sekarang informasi. Informasi di jaman sekarang adalah sebuah kekuatan. Orang yang memiliki informasi, memiliki dunia. Seperti itulah perandaian dunia berjalan di era modern ini. Apakah anda ingin menjadi seorang yang berpengaruh penting ? Maka perbanyaklah informasi yang anda miliki. Walaupun terdengar sulit untuk menguasai informasi di dunia, ternyata semuanya menjadi mudah dengan adanya internet. Kita menggunakan jasa provider agar menyediakan jasa internet yang kemudian akan kita pakai untuk mendapatkan informasi. Sangat sederhana sekali. Tapi ternyata provider yang berfungsi sebagai perantara informasi itu banyak yang kurang bersahabat dengan para pelanggannya.

Ketika memilih sebuah provider sebagai penyedia informasi yang kita gunakan, sederhananya kita akan melihat kualitas pelayanan yang mereka sediakan, kualitas itu dapat berupa

Koneksi yang cepat
Kecepatan load sebuah handheld/smartphone ataupun PC sangat tergantung dari providernya. Provider yang cepat tentu akan menarik perhatian para pengguna di luar sana. Kenapa kecepatan itu menarik ? Sederhana. Karena tidak ada pengguna smartphone yang ingin jaringannya lambat. Aplikasi multimedia, media sosial, dan game yang merebak belakangan ini  selalu menggunakan internet untuk memuaskan pelanggannya. Masalahnya adalah, ketika mendapatkan masalah koneksi, mereka tidak akan menyalahkan samrtphone atau pun aplikasi yang digunakannya tapi akan langsung menyebutkan provider internet yang mereka gunakan. Karena providerlah yang menyediakan jaringan, maka mereka jugalah yang bertanggung jawab meyediakan “Internet Cepat” bagi para pelanggannya.

Koneksinya stabil
Cepat saja tidak cukup untuk memuaskan para pelanggan. Ada kalanya jaringan yang stabil merupakan hal yang paling penting dalam menggunakan jaringan internet. Seorang gamers online misalnya. Jaringan dengan kecepatan upload/download yang statis dan rendah sudah merupakan surga bagi mereka. Hal itu karena selama game berlangsung, mereka membutuhkan koneksi yang terus memberikan signal secara bertahap. Contoh lainnya adalah seorang petualang, ada kalanya mereka membutuhkan GPS dalam menemukan sebuah jalan ke tempat tertentu. GPS memerlukan jaringan untuk menunjukkan posisi seseorang secara periodik. Dan tentu saja bagian kestabilan kembali mengambil alih pada hal ini. Jadi singkatnya percuma jaringan cepat tapi sering kehilangan koneksi.

Jaringannya ada dimana-mana
Menggunakan smartphone berarti kita menggunakan sebuah perangkat device yang bisa di bawa kemana-mana secara mudah. Ada kalanya kita pergi mendaki gunung dengan teman-teman atau beristirahat di pantai bersama keluarga. Pertanyaannya, apakah cakupan jaringan dari provider yang kita gunakan masih bisa ditemukan disana ?. Ternyata selain kecepatan dan kestabilan, kita juga masih membutuhkan jaringan yang luas dari provider yang akan kita gunakan. Hal itu tentu saja menjadi sebuah syarat mutlak bagi sebuah sebuah provider untuk menyediakan jaringannya dimana-mana. Coverage area itu sangat penting.

Harganya
Orang akan berpikir dua kali untuk menggunakan provider dengan harga mahal. Dengan fungsi yang sama, dengan jasa yang sama, kenapa kita harus mengeluarkan biaya yang berbeda. Biasanya orang akan memilih provider yang mahal karena kualitasnya. Ternyata hal itu ternyata tidak bisa dijadikan sebuah patokan bahwa provider itu berkualitas . Mahal bukan penentu sebuah kualitas dan juga bukan menunjukkan sebuah popularitas. Ada kalanya sebuah provider dengan harga yang murah nyatanya lebih unggul dari provider yang lain. Jadi dalam memilih provider internet, harga tidak bisa dijadikan patokan untuk memastikan kualitas sebuah layanan.

Lalu, apa ada provider yang baik untuk digunakan sesuai kriteria diatas ?. Iya ada, namanya Smartfren .

Saya sudah menggunakan Smartfren sebagai kartu internet semenjak 3 tahun lalu. Alasannya sederhana. Smartfren tidak banyak neko-neko. Paketnya jelas, koneksinya kencang, jaringannya stabil, harganya murah. Dan yang paling keren adalah, Unlimited. Saya kagum dengan menggunakan provider ini, sesuai yang saya tahu, Smartfren adalah satu-satunya provider yang masih menggunakan sistem CDMA di negeri ini. Dengan kata lain, jaringannya kini lebih bebas hambatan karena frekuensinya tidak terganggu dengan frekuensi-frekuensi operator lain *CWIIW*.

Dulu, saya menggunakan Smartfren dengan modem berkecepatan 3,1 Mbps. Menggunakan Smartfren sebagai provider membuat modem saya bekerja optimal. Kecepatan koneksi yang diberikan selalu stabil dan kencang. Siang dan malam tidak jadi perbedaan. Walaupun traffick penggunaan internet di waktu malam meningkat drastis, itu sama sekali tidak berpengaruh dengan kualitas yang saya dapatkan dengan Smartfren ini. Saya masih bisa browsing youtube untuk melihat video-video kesayangan dan juga megupload tugas-tugas kuliah dengan lancar. Mengingat masa itu koneksi di internet di Indonesia masih sangat lambat, Smartfren ternyata sudah setingkat di depan para penyelia internet lain yang bersaing dengan masalah internet cepat dan lancarnya saat itu.

Sumber : Google
Saya termasuk tipe maniak gaming. Tapi spesial untuk game online dengan PC saja. Waktu itu sedang berkembang sebuah game MOBA baru yang dmasih berada dalam tahap Beta tester. DOTA 2 yang pernah saya ceritakan, sebuah game map dari Warcraft yang lepas menjadi game tersendiri. Sekarang game ini telah dilombakan dan menjadi sebuah game dengan hadiah terbanyak yang pernah ada. Lalu apa hubungannya DOTA 2 dengan Smartfren. Ya masih masalah yang itu tadi. Masih dengan berbekal modem imut kecil saya dan kartu Smartfren. Game online ini lancar jaya di balik layar PC yang saya gunakan. Ping rendah sehingga tidak ada lag disana-sini. Kepuasan bermain sangat terasa dengan koneksi stabil ini.

Sumber : Google
Dan yang paling asik adalah Smartfren itu unlimited. Kalau kuota abis ketika sedang asik-asiknya browsing, kita masih tetap bisa menggunakan kartu ini. Loh, iya itulah namanya unlimited, kuota tanpa batas. Selama masih ada masih ada masa aktif yang tersisa, kartu masih dapat digunakan lagi dan lagi . Meskipun dengan pemotongan kecepatan yang bisa digunakan. Tapi tetap cukuplah untuk browsing di social media.

Sumber : facebook
Semakin berkembang jaman, semakin cepat juga arus informasi yang dibutuhkan. Smartfren sepertinya juga tanggap masalah ini dengan meluncurkan Smartfren 4G LTE Advanced , jika dulunya kita hanya mengenal 3G maka sekarag sudah ada 4G. Generasi penerus yang lebih cepat untuk masalah koneksi internet. 4G memiliki kecepatan akses yang berkali-kali lipat dari 3G, perandaiannya jika dengan 3G kamu dapat mendownload sebuah lagu dalam waktu 10 detik saja, maka dengan 4G lagu itu akan selesai dalam waktu kurang dalam sedetik, “WOW”. 4G di bangun dengan menggunakan jaringan Frequency Division Duplex yaitu semacam teknologi untuk membagi frekuensi secara berbeda untuk tiap user sehingga tidak terjadi intervensi atau gangguan sehingga koneksi lebih lancar. Dan itu tidak hanya berlaku untuk jaringan internetnya sja, tapi juga telpon dan SMS juga tercakup didalamnya. Untuk menikmatinya jaringan ini juga tidak terlalu sulit, cukup dengan sebuah perangkat smartphone yang sudah bisa menggunakan jaringan 4G, kartu Smartfren 4G serta berada di jangkauan jaringan 4G. Dan selamat berinternet ria dengan kecepatan super.

Sumber : facebook
Tidak ada yang benci dengan koneksi internet cepat, yang kita benci adalah harganya. Semakin canggih teknologi, semakin mahal pula harganya. Eh, tunggu dulu.Ada Smartfren. Jaringan  4G Smartfren dengan semua teknologinya di persembahkan dengan harga Rp 60.000. Belum cukup ?. Jika kuota anda sudah habis, anda tetap dapat mengakses internet secara gratis sampai waktu masa aktif kuota anda habis. Apakah ada operator yang memberikan keuntungan ini selain Smartfren ?? Tidak ada.  


Era digital selalu marak dengan teknologi-teknologi baru, tidak terkecuali untuk promosi dan iklan dari para penyelia internet. Yang jadi tugas kita adalah tetap cermat sebagai pengguna dalam memilih provider yang memang terbaik untuk digunakan. Karena keuntungan yang diperoleh bukan untuk siapa-siapa tapi untuk diri sendiri.  Dan tetap ingat, nyaman adalah prioritas utama dalam berkomunikasi. So Smartfren, Go For it !

Sumber Google

Comments