Skip to main content

Sudahkah anda main Pokemon GO hari ini ?

Bagi anak-anak yang lahir di tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pokemon. Pokemon (Pocket Monster) dimunculkan pertama kali oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995.  Dimulai dari tahun tersebut, pokemon meranah luas ke penjuru dunia dan berbagai macam versi animenya pun diciptakan. Tidak ketinggalan, popularitas anime ini ternyata menyentuh produsen game Nintendo yang terkenal dengan game SEGA-nya untuk ikut mengembangkan permainan berdasarkan game tersebut. Nintendo kemudian memiliki hak cipta untuk game tersebut dan berbagai macam permainan yang berbentuk pokemon diciptakan.

Sumber : Niantic
Seiring dengan majunya teknologi, perusahaan game mendapatkan tuntutan untuk membuat game yang baru oleh para penikmatnya. Niantic, sebuah perusahaan yang terkenal dengan gamenya Ingress, akhirnya dilirik untuk membuat kerjasama membuat sistem game baru ini. Niantic menggunakan konsep Augmented-Reality dalam game sebelumnya dan hal inilah yang ternyata menarik perhatian Nintendo untuk bekerja sama. Dengan bekerjasamanya tiga perusahaan besar yaitu Pokemon, Nintendo dan Niantic ternyata cukup untuk membuat gamers sedunia sangat tertarik untuk melihat lebih dekat game semacam apa yang akan muncul.



Sebagai langkah awal, ketiga perusahaan ini mengeluarkan sebuah trailerTrailer ini memperlihatkan sebuah dunia dimana semua orang memiliki pokemon dan dapat mempertarungkannya seolah-olah berada di dunia nyata. Trailer tersebut menantang semua penggemar pokemon untuk menunggu saat mengumpulkan pokemon untuk dipertarungkan  di dunia (seolah-olah) nyata. Sontak trailer tersebut akhirnya menjadi pembicaraan diantara para gamers, walaupun masih harus menunggu game tersebut dirilis satu tahun kemudian.

Sumber : Google

Satu tahun berlalu dan seperti yang sudah diduga sebelumnya, Pokemon GO adalah game yang juga ikut menggunakan konsep sama seperti Ingress yaitu Augmented-reality (AR). Player yang disebut dalam game sebagai Trainer dituntut untuk mengumpulkan pokemon terkuat di dunia. Beda dengan game yang lain dimana pemain dapat tidur di kamar sambil bermain. Pokemon GO menggunakan GPS sebagai penanda lokasi agar pemain berjalan keluar dari rumah. Untuk mengumpulkan ataupun mencari pokemon, pemain harus berjalan dalam artian sebenarnya dengan GPS sebagai penanda lokasinya. Dalam game pemain dapat menangkap pokemon yang terdeteksi di radar dan menempatkannya di Gym untuk dipertarungkan. Selain itu ada juga pokestop dimana pemain bisa mendapatkan bola penangkap pokemon, poitonrevive dan berbagai macam item. Yang menarik adalah gym dan Pokestop menggunakan lokasi nyata sebagai titik lokasinya. Lokasi yang digunakan pun adalah lokasi-lokasi terkenal seperti monumen, gedung ataupun tempat tempat penting lainnya. Jadi tempat dengan penanda lokasi seperti itu akan sering didatangi oleh pemain pokemon.

Sumber : Facebook

Tanggal 6 Juli 2016, Australia, Selandia baru dan Amerika Serikat  menjadi negara pertama yang mendapatkan perilisan game pertama kali. Para gamers yang memang sudah lama menunggu akhirnya berlomba memainkan game ini pada ketiga negara tersebut yang berakibat pada membengkaknya server. Server Pokemon GO tidak sanggup mengatasi jumlah pemain yang melonjak hanya dalam hitungan jam saja. Official Account dari Pokemon GO di twitter, @PokemonGoApp tidak henti-hentinya mengeluarkan twit permintaan maaf atas Server yang tidak dapat  menampung semua pengguna dalam sekali waktu dan berjanji akan melakukan pembaharuan secepatnya.
Sumber : Niantic

Membengkaknya server dirasa cukup wajar mengingat hanya dalam hitungan hari saja, jumlah pemain pokemon telah melampaui pemakai twitter di Amerika. Hal ini cukup mengejutkan mengingat twitter merupakan Sosial Media paling besar penggunanya untuk sekarang. Selain itu, belum cukup sebulan game ini telah mengalahkan semua aplikasi jejaring sosial di Appstore dan Playstore untuk masalah pemakaian aplikasi. game ini seketika menjadi sebuah fenomenal.

Sumber : Niantic

Untuk Indonesia sendiri, game ini belum resmi dirilis saat artikel ini dibuat. Menurut Nintendo, Tim pokemon masih terus berusaha memperbaiki servernya sebelum melakukan global launching. Meskipun begitu, game ini tidak sepenuhnya dilarang. Pada kenyataannya game ini sudah dapat dimainkan di Indonesia meskipun dengan beberapa kekurangan karena peluncuran yang belum resmi. Tapi hal ini tentu saja adalah sebuah kebanggan mengingat beberapa negara tetangga seperti singapura dan philipina yang belum dapat memainkannya sama sekali.

Game ini tidak dapat didapatkan di playstore dari android ataupun appstore dari Ios. Hal ini karena game ini belum mendapatkan perilisan resmi untuk indonesia. Tapi meskipun begitu, kita tetap dapat menggunakan aplikasi ini dari pihak ketiga. Untuk android sendiri, APK file dari Pokemon GO dapat di download dari banyak situs berbagi di internet seperti “Apkmirror” ataupun “Jalantikus”. Dan untuk pengguna Ios dapat mendownloadnya di “Hipstore” ataupun di “Vshare

Saat ini, server Pokemon GO sudah tidak sepadat dulu, terima kasih kepada google yang ternyata merupakan bos besar dibalik semuanya. Untuk merayakan hal itu, maka game sudah beralih dari tahap beta menjadi versi resmi. Untuk IOS sendiri, versi game 1.1 sudah dapat digunakan semenjak kemarin (30/7) dan untuk Android juga sama dengan versi nama yang berbeda. Dalam versi terbarunya ini pokemon selalu mengeluarkan Pop-up pada awal game berupa himbauan agar berhati-hati dalam bermain, jangan sampai trainer membahayakan dirinya sendiri ataupun orang lain. Lalu selain itu, sudahkah anda bermain Pokemon GO hari ini ?

Sumber : Google


Comments