Skip to main content

16 Channel Pendidikan di Youtube yang berfaedah dan bermanfaat

Sumber Gambar : Kaskus
Dengan semakin banyaknya orang yang bisa mengakses internet saat ini, berbagai hal juga bisa didapatkan dengan mudah di Internet. tidak hanya berita dan informasi yang lebih cepat, internet juga bisa kita gunakan untuk mencari ilmu dalam bidang pendidikan. Situs Video no 1 seperti Youtube misalnya selain tempat untuk melihat video artis-artis menyanyi juga bisa digunakan untuk menjadi sumber belajar. Untuk melakukan hal itu kita harus tahu terlebih dahulu Channel yang menyediakan sumber belajar yang menyenangkan. Dalam post kali ini saya akan share beberapa situs belajar yang bisa menambah ilmu pengetahuan kita. 


Sumber Gambar : Youtube
Didaftar pertama kita ada channel kok bisa, channel edukatif tentang berbagai pertanyaan-pertanyaan unik dan random yang menggelitik tapi menarik untuk diketahui. Channel ini merupakan channel edukatif pertama di indonesia yang tembus 1 juta subscriber. Penjelasan dalam channel ini menggunakan animasi yang lucu dan menggemaskan serta dengan narasi yang mudah dipahami untuk semua orang


Sumber Gambar : Youtube

Hampir seperti kok bisa, hujan tanda tanya menyajikan video edukatif tentang dunia pendidikan termasuk diantaranya tips-tips belajar, self improvement, dan pencarian jati diri. Channel ini juga menerima berbagai pertanyaan random untuk dijawab dengan penjelasan yang mudah dimengerti.



Sumber Gambar : Youtube
Channel ini merupakan versi bahasa indonesia dari channel youtube berbahasa inggris “5-Minutes Craft”. Kontennya berisi ide-ide unik dan video kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan barang sederhana di sekitar kita. 


Sumber Gambar : Youtube
Seperti “Kerajinan 5-Menit”, channel ini juga merupakan versi bahasa Indonesia dari channel berbahasa inggris yaitu “Bright Side”. Channel ini berisi konten-konten edukatif yang menjawab berbagai pertanyaan seputar dunia sekitar kita. Disertai dengan animasi yang menarik dan penjelasan yang ringan, video-video dalam channel ini bisa dimengerti dengan mudah.


Sumber Gambar : Youtube
Untuk yang suka mendengarkan dongeng dan cerita rakyat maka ada channel Indonesian Fairy Tales. Channel ini dipenuhi dongeng paling populer di dunia seperti bebek bubuk rupa, Cinderella, Thumbelina, gadis penjual korek api dan banyak lainnya. Video dalam Channel ini menggunakan animasi dalam mendongeng. Channel ini juga merupakan channel favorit para anak kecil di seluruh indonesia.


Sumber Gambar : Youtube
Dikemas dalam animasi yang menarik, Nussa official merupakan salah satu channel animasi edukatif paling terkenal di indonesia. Nussa menceritakan tentang kisah kehidupan sehari-hari dua kakak beradik yaitu Nussa dan Rara. Channel edukatif ini banyak berisi tentang tuntunan hidup dalam agama islam tentang tata krama dan sopan santun. Penggemarnya tidak hanya dari anak kecil saja tapi orang dewasa juga banyak melihat konten dichannel ini karena animasinya  yang mengagumkan. Animasi dalam video Nussa bisa disebut nafas baru dalam film animasi Indonesia


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini berisi konten-konten sejarah umum yang perlu kita ketahui. Video dalam channel ini juga menggunakan narasi yang lembut dan penjelasan yang ringan sehingga memudahkan kita mengerti maksudnya. Selain itu video ini menjelaskan konten sejarah dalam bentuk animasi ringan dan lucu.

8. Neuron

Sumber Gambar : Youtube
Channel ini berisi konten edukasi terkait berita-fakta dan semua hal yang ada kaitannya dengan dunia kesehatan. Video dalam channel ini juga disertai animasi yang lucu mirip seperti di channel “Kok Bisa”. Animasi tersebut juga disertai naratif yang mudah dimengerti untuk semua kalangan.


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini berisi tentang berita-berita penggalian situs arkeologi, lokasi bersejarah dan kisah-kisah masa lalu. Dikemas dalam bentuk penyampaian lewat berita dan wawancara para ahli. Kontennya menarik karena menujukkan perbandingan situs sejarah dari masa lalu dan masa kini.


Sumber Gambar : Youtube
Buat para mahasiswa terutama mahasiswa abadi channel ini paling tepat untuk dikunjungi. Berisi tentang kiat-kiat menulis tugas akhir, tips mengikuti sidang dan berbagai informasi menarik terkait penyelesaian kuliah buat mahasiswa.


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini merupakan saduran bahasa indonesia dari channel berbahasa inggris yang terkenal “Learning Engineering”. Kontennya berisi tentang penjelasan dan pemahaman terkait dunia fisika dan kimia. Selain itu juga channel ini menjelaskan banyak tentang hukum-hukum dalam ilmu sains dan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Sumber Gambar : Youtube
Channel dengan tema berita terkait kejadian yang terjadi di dunia saat ini. Kontenya bagus dan cara pengambilan gambar film dalam kontennya sangat mengagumkan


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini berkutat pada kebijakan politik, hubungan luar negeri dan segala tentang dunia pemerintahan. Selain itu, channel ini juga menceritakan berbagai idealisme dan pergerakan massa yang ada di indonesia


Sumber Gambar : Youtube
Seperti namanya, channel ini berisi edukatif tentang pembahasan berbagai macam soal pelajaran dari berbagai jenjang pendidikan. Channel ini juga melakukan pembahasan soal ujian nasional untuk para siswa dari  berbagai kategori pembelajaran.


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini dikembangkan oleh Primaindisoft sebuah situs online untuk belajar di Indonesia. Kontennya berisi pembahasan berbagai macam soal pelajaran matematika dari TK sampai SMA. Seperti halnya channel “Les Gratis”, channel ini juga melakukan berbagai pembahasan dengan cara menarik.


Sumber Gambar : Youtube
Channel ini berisi konten edukatif yang dilakukan melalui eksperimen-eksperimen sains. Menarik melihat kontennya dipenuhi berbagai pertanyaan yang kemudian dibahas dengan cara mudah dan menyenangkan. Selain itu ada juga konten lain dalam channel ini seperti konten komedi, trik dan tips serta life hack untuk untuk mempermudah berbagai pekerjaan kita.

Comments